9 Bahasa Pemrograman yang Dibuat Oleh Wanita

Dunia pemrograman memang selalu identik dengan laki-laki. Meskipun dewasa ini partisipasi wanita sudah cukup besar, namun acara-acara pemrograman selalu dipenuhi oleh laki-laki. Tapi jangan salah wanita juga punya andil sangat besar dalam dunia pemrograman. Contohnya pada artikel ini kita akan mengenal 9 bahasa pemrograman yang dibuat oleh wanita.

ARC Assembly

Diawal sejarah perkembangan komputer pada tahun 1950, bahasa pemrograman yang banyak digunakan adalah Assembly. Assembly adalah bahasa pemrograman yang berinteraksi langsung dengan mesin. Salah satu bahasa Assembly yang pertama kali dikembangkan ditulis oleh Kathleen Booth yang diberi nama ARC Assembly. Diberi nama ARC Assembly karena bahasa ini pertama kali dikembangkan untuk komputer ARC (Automatic Relay Calculator).

Address

Salah satu komputer pertama yang dapat diprogram di Eropa bernama MESM dibuat oleh Uni Soviet pada tahun 1950. Karena kesulitan memprogram MESM menggunakan kode mesin, maka salah seorang ilmuwan yang ditugaskan untuk mengembangkan komputer ini Kateryna Yushchenko bersama ilmuwan lainny amengembangkan bahasa pemrograman untuk memudahkan pekerjaan mereka. Bahasa ini diberi nama Address dan dirilis pada tahun 1955. Adress digunakan di Uni Soviet selama lebih dari 20 tahun. Kateryna Yushchenko juga merupakan wanita Uni Soviet pertama yang mendapat gelar Doctor of Physical and Mathematic Sciences di bidang pemrograman.

COBOL

Bahasa pemrograman yang satu ini mungkin sudah pernah didengar oleh pembaca sebelumnya. Tapi tahukah pembaca bahwa salah seorang pembuatnya adalah wanita bernama Grace Hopper?

Siapa yang menyangka bahwa compiler pertama dibuat oleh seorang wanita? Grace Hopper membuat A-0, compiler pertama didunia untuk mesin UNIVAC. Setelah mengembangkan A-0, Grace Hopper juga mengembangkan beberapa bahasa pemrograman lainnya seperti ARITH-MATIC dan B-0, yang kemudian menjadi FLOW-MATIC. FLOW-MATIC yang dibuat pada tahun 1955 ini adalah bahasa pemrograman pertama yang menggunakan kata kunci berbahasa Inggris. Tak berapa lama kemudian pada tahun 1959, Grace Hopper bersama beberapa anggota lain dari Conference on Data Systems Languages Records mengembangkan bahasa pemrograman untuk digunakan boleh pemerintah AS dan dunia bisnis agar data yang diproses dapat dijalankan di komputer-komputer yang berbeda, serta orang non teknis. Bahasa pemrograman ini diberi nama Common Business-Oriented Language atau disingkat COBOL. Agar dapat digunakan oleh orang non teknis, maka COBOL harus menggunakan perintah-perintah yang mudah dimengerti. Oleh karena itu COBOL meminjam fitur-fitur dari FLOW-MATIC yang sebelumnya dikembangkan oleh Grace Hopper. Rilis terbaru COBOL adalah COBOL 2014.

 FORMAC

Jean Sammet adalah seorang ahli matematika wanita yang dipekerjakan oleh IBM pada tahun 1961 untuk mengembangkan bahasa pemrograman FORMAC (FORmula MAnipulation Compiler) yang dirilis pada tahun 1962. FORMAC merupakan ekstensi dari bahasa pemrograman FORTRAN yang mampu melakukan manipulasi aljabar. Jean Sammet sebelum bekerja di IBM pernah tergabung di Sperry Gyroscope and Sylvania dan bersama Grace Hopper mengembangkan COBOL.

Logo

Pada tahun 1960an bahasa pemrograman yang digunakan secara luas menggunakan angka dan simbol sehingga tidak cocok apabila digunakan untuk mengajarkan pemrograman untuk anak-anak. Oleh karena itu dibutuhkan suatu bahasa pemrograman baru yang menggunakan kata dan kalimat dalam pemrogramannya agar lebih mudah digunakan oleh anak-anak. Untuk mengatasi masalah ini, sekelompok ilmuwan di Cambride, Massachussets mengembangkan bahasa pemrograman baru yang diberi nama Logo untuk mengajarkan pemrograman untuk anak kelas 7 diakhir 1960an. Salah seorang ilmuwan yang tergabung dalam kelompok ini adalah Cynthia Solomon.

 

CLU

CLU adalah salah satu bahasa pemrograman yang dikembangkan pada pertengahan 1970an. Desain dan pengembangan CLU dipimpin oleh seorang wanita bernama Barbara Liskov di MIT. Barbara Liskov juga merupakan wanita pertama di AS yang mendapat gelar PhD dibidang Ilmu Komputer. Melalui CLU, Barbara Liskov memperkenalkan konsep abstract data type, iterator, dan parallel assignment. Meskipun tidak banyak digunakan namun konsep-konsep CLU banyak diterapkan pada bahasa pemrograman populer saat ini seperti Java, Python dan C++.

Smalltalk

Smalltalk adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan di Palo Alto Research Center (PARC) milik Xerox. Salah seorang wanita yang berperan dalam pengembangan Smalltalk serta memperkenalkan konsep-konsep pemrograman seperti model-view-controller, editor WYSIWYG, dan IDE adalah Adele Goldberg. Goldberg pula yang mendemokan Smalltalk dan GUI-nya di komputer PARC Alto pada Steve Jobs pada tahun 1979 yang kemudian menginspirasi Steve Jobs untuk mendesain desktop Apple Macintosh (kalau tidak salah di film Pirates of the Silicon Valley ada adegannya).

BBC BASIC

Pada tahun 1981, British Broadcasting Corporation atau lebih dikenal dengan singkatannya BBC ingin membuat acara bernama The Computer Literacy Project untuk mengajarkan pemrograman pada penontonnya. Konsultan teknis acara ini merasa bahwa versi BASIC yang telah ada kurang baik untuk kebutuhan mereka. Oleh karena itu dibanding menggunakan versi BASIC yang sudah ada, BBC menunjuk perusahaan bernama Acorn Computers untuk membuat komputer baru yang diberi nama BBC Micro dan versi baru BASIC untuk acara yang akan mereka mulai. Salah seorang wanita yang berperan dalam pengembangkan BASIC untuk BBC Micro adalah Sophie Wilson. Sophie Wilson membuat versi BASIC untuk BBC Micro ini dalam ukuran kurang dari 16KB, versi ini sudah termasuk fitur-fitur seperti prosedur, fungsi, serta struktur IF-THEN-ELSE. Acara The Computer Literacy Project kemudian menjadi acara yang cukup fenomenal dan mengenalkan pemrograman pada banyak roang di Inggris dan di seluruh dunia.

Coq

Pada tahun 1991 Christine Paulin-Mohring mengembangkan bahasa pemrograman CoC (Coquand’s Calculus of Construction) dengan implementasi berbasis Calculus of Inductive Construction. Bahasa pemrograman ini diberi nama Coq dan digunakan untuk menentukan pembuktian teorema matematika. Selain menentukan pembuktian teorema matematika, Coq juga digunakan untuk sertifikasi perangkat lunak.(bas/javaworld)

 

Sumber : https://www.codepolitan.com/9-bahasa-pemrograman-yang-dibuat-oleh-wanita

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER  STMIK BIDAKARA

Jl.Kalibata Tengah No.35 A Kel.Kalibata Kec.Pancoran, Jakarta Selatan 12740    Telp. 021 – 7995005    Hp : 085782112711 / 081382090313/ 08972197287 / 087874642455 (wa/line)   Pin BB : 56F420AB Web: www.bidakara.ac.id      Email: stmik@bidakara.ac.id  Facebook: stmik.bidakara@yahoo.com  Twitter: @SBIDAKARA 

Bantu sebar yaa...Share on FacebookTweet about this on Twitter